Penerapan Model Belajar Resistansi Diskusi Kooperatif (RDK) Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Dasar Di Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Main Author: | Alfian, Alfian; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
EDU-BIO
, 2016
|
Online Access: |
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/view/775 http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/view/775/705 |
Daftar Isi:
- Penerapan belajar diskusi kooperatif yang berbasis portofolio dilandasi oleh pemikiran berikut. Pertama, ada empat pilar pendidikan yang dicanangkan “UNESCO” yaitu learning to live together. Kedua, pendangan konstruktivisme menganggap semua peserta didik mulai dari usia taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi memiliki gagasan/pengetahuan tentang lingkungan dan gejala lingkungan di sekitarnya, meskipun gagasan/pengetahuan itu sering miskonsepse. Model pembelajaran dan penilaian berbasis portofolio dapat meningkatkan sikap demokratis dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi siste, dapat menghargai pendapat orang lain dan menghargai keputusan bersama yang sudah ditetapkan. Pembelajaran berbasis portofolio mengacu pada sejumlah prinsip dasar pembelajaran. Prinsip-prinsip dasar pembelajaran yang dimaksud adalah prinsip belajar siswa aktif (student learning), kelompok belajar kooperatif (cooperative learning), pembelajaran partisipatorik yang menyenangkan (joyfull learning). Pemberian nialai kepada mahasiswa yang aktif dimaksudkan untuk member perhatian dan memotivasi mahasiswa agar selalu mendalami suatu konsep dari berbagai sumber belajar. Kata kunci: Diskusi kooperatif, Miskonsepsi