Dampak Pelaksanaan Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran: Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi

Main Author: Hurmaini, M; Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Media Akademika , 2013
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/mediaakademika/article/view/76
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/mediaakademika/article/view/76/67
Daftar Isi:
  • Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran, baik faktor internal maupun eksternal. Artikel ini didasarkan pada penelitian terkait dua variabel bebas, yaitu pelaksanaan sertifikasi dan motivasi berprestasi guru yang diduga kuat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran padaMadrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di dalam lingkungan Kementerian Agama Kota Jambi, yang tercatat tahun 2010 sebanyak 196 orang. Guru yang sudah sertifikasi 120 orang, dan guru yang belum sertifikasi 76 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru yang sudah lulus sertifikasi yang tersebar di enam MTsN Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik dan analisisstatistik. Data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dianalisis melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis regresi ganda dan analisis korelasi product moment. Perhitungan statistik dilakukan dengan komputasi melalui bantuan program Statistical Package for Social Sciences(SPSS) 9.0 for Windows.