Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada SMP Negeri 10 Muaro Jambi)

Main Author: Musa, Musa; IAIN STS Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Media Akademika , 2014
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/mediaakademika/article/view/465
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/mediaakademika/article/view/465/434
Daftar Isi:
  • Tulisan ini hasil penelitian sosial yang diarahkan untuk menerangkan pengaruh penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 10 Muaro Jambi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasi eksperimen dengan desain Treatment by Block yang merupakan desain penelitian multifaktor, dimana sistem notasi, model dan analisis datanya sama dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional (ceramah).