Pendidikan dalam Perspektif Islam (Telaah Qur’ani)
Main Author: | Musyaddad, Kholid; Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Al-`Ulum
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alulum/article/view/325 http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alulum/article/view/325/294 |
Daftar Isi:
- Kegiatan pendidikan adalah upaya yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan itu merupakan sebuah cita-cita atau idealitas yang ingin dicapai oleh subyeknya. Manusia adalah subyek dan sekaligus merupakan obyek aktifitas pendidikan. Dikatakan sebagai subyek, karena manusia memang merupakan pelaksana, dan bahkan perancang aktifitas pendidikan. Manusia menjadi obyek kegiatan pendidikan, karena manusia adalah sasaran dari kegiatan pendidikan. Karena itu, pendidikan pada dasarnya membutuhkan kajian atau pemahaman tentang hakikat manusia itu sendiri, yakni hakikat keberadaan, cita-cita, sistem nilai yang dianut manusia sebagai Pelaku pendidikan. Makalah ini berupaya memahami manusia melalui perspektif Islam (Al-Qur’an) yang kemudian, dengan sudut pandang terbatas, mencoba melihat hubungan dialektika konseptualnya dengan masalah kependidikan.