PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA JURUSAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Main Author: Wirman, Rahmi Putri; Jurusan Pendidikan Fisika IAIN STS Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Edu-Physics , 2014
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/264
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/eduphysics/article/view/264/243
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empiris tentang: Aktivitas perkuliahan mahasiswa pada mata kuliah fisika inti dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction dan bagaimana efektifitas model pembelajaran problem based instruction dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep fisika. Penelitian ini terdiri dari tahap persiapan (penyusunan rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, format penilaian, alat evaluasi dan lembar observasi) dan pelaksanaan (pemantauan dan evaluasi). Aktivitas Belajar mahasiswa meningkat tiap siklus. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rerata dan ketuntasan belajar dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hasil belajar mengalami peningkatan. Sebelum penerapan Problem Based Instruction, nilai tes rerata hanya 34 dengan ketuntasan belajar di anggap tidak tuntas. Pada siklus I, nilai tes rerata 45 dan ketuntasan belajar 20% saja. Pada siklus II, nilai tes rerata 51.4 dengan ketuntasan belajar 40%. Sedangkan pada siklus III, nilai tes rerata 60 dengan ketuntasan belajar 76%. Kata kunci : pembelajaran problem based instruction.