THE IMPLEMENTATION OF GENRE BASED APPROACH IN ENGLISH TEACHING AT ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL MODEL (MAN MODEL) JAMBI
Main Authors: | Rahman, Mahyuzar; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Tartila, Tartila; IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Reflective
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/reflective/article/view/245 http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/reflective/article/view/245/226 |
Daftar Isi:
- Para guru mata pelajaran Bahasa Inggris menyatakan bahwa mereka telah menerapkan Metode Pengajaran Berbasis Genre dalam mengajar Bahasa Inggris. Dalam kenyataannya proses pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan Metode Pengajaran Berbasis Genre. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian yang meliputi cara guru menerapkan metode pengajaran berbasis genre, masalah yang dihadapi guru dalam penerapan, penyebab permasalahan beserta cara pemecahan masalah yang dilakukan oleh para guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian qualitative. Informan penelitian ini adalah para guru Bahasa Inggris dan beberapa orang siswa di Madrasah Aliyah Negeri Model Jambi. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan observasi, catatan lapangan dan wawancara.Dari temuan penelitian ini, penulis menemukan bahwa ada beberapa ketentuan metode pengajaran berbasis genre yang belum ditemukan di dalam kelas, beberapa dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan metode pengajaran berbasis genre, dan sebagian lagi sudah sesuai. Selanjutnya, ada beberapa factor masalah yang dihadapi guru dalam menerapkan metode ini, faktorfaktornya adalah factor dalam hal aktifitas pengajaran, materi pengajaran, media pengajaran dan pengelolaan kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa guru belum menerapkan metode pengajaran berbasis genre secara keseluruhan.Keywords: Implementation, Genre Based Approach, English Teaching.