Konstribusi Ma’had Aly terhadap Kemampuan Berbahas Arab Mahasiswa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Main Author: Rosalinda, Rosalinda; Fakultas Adab IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Media Akademika , 2014
Online Access: http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/mediaakademika/article/view/151
http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/mediaakademika/article/view/151/134
Daftar Isi:
  • Artikel ini membahas tentang konstribusi Ma’had Aly terhadap kemampuan berbahasa Arab Mahasantri Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Berdasarkan observasi di lapangan diketahui, kemampuan bahasa Arab mahasiswa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin masih sangat lemah. Untuk itu memecahkan persoalan tersebut dengan membentuk Ma’had Aly. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Ma’had Aly dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitiaan ini melalui metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data secara komprehensif kemudian menganalisis sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa kemampuan bahasa Arab mahasiswa yang tinggal di Ma’had lebih baik jika dibandingkan dengan mahasiswa non-Ma’had terutama dalam kemampuan komunikasi (maharatul kalam) dan kemampuan membaca (maharatul Qira’ah). Dari nilai Kartu Hasil Studi (KHS) diketahui bahwa Ma’had Aly sangat mendukung proses belajar mengajar di kelas reguler terutama pada empat kompetensi bahasa. Dan dari data tes yang peneliti lakukan diperoleh informasi bahwa mahasantri jurusan BSA dan PBA memiliki kemampuan bahasa Arab yang baik dan tidak ada yang kemampuan bahasanya jelek atau bahkan jelek sekali.