Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Drama di SMA

Main Authors: Indria, Syifa, Adisaputera, Abdurahman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2022
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/40942
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/40942/19653
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi di SMA IT Jabal Noor, bahwa LKPD yang digunakan selama ini isinya masih belum dirancang untuk peserta didik dalam membuat sebuah proyek dan menghasilkan sebuah karya. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis Project based Learning. Penelitian ini berujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Project based Learning pada materi drama di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan pengembangan LKPD berbasis project based learning yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (4,57) dan ahli materi juga berada dalam kategori layak (4,72), serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis project based learning berada dalam kategori menarik (4,7). Dengan demikian dapt disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA.