Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar
Main Authors: | Sulaiman, Sulaiman, Agus, M., Indramini, Indramini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Medan
, 2022
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/38827 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/38827/19337 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian experiment dengan desain pretest-posttest control group desain. Perbedaan ketarmpilan menulis teks narasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan hasil uji analisis atatistik Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil uji analisis statistik Wilcoxon dan Mann Whitney pada nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya menunjukkan nilai signifikasi Asymp.Sig.(2-tailed) = <0,001. Karena hasil nilai signifikasi Asyim.Sig.(2-tailed) = <0,001 < 0,05. Maka dari kedua hasil uji analisis statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.