PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Main Authors: | Sirait, Meiliana, Lubis, Fitriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kode: Jurnal Bahasa
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/3827 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/3827/3408 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas x sma negeri 5 medan sebanyak 440 siswa dan sampel penelitian sebanyak 80 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis. Nilai rata-rata kelas yang tidak menggunakan media karikatur 72 sedangkan yang menggunakan media karikatur 83. Pengujian hipotesis = 5,60 , kemudian dikonsultasikan dengan t pada taraf signifikan 5% = 1,99 dan taraf signifikan 1% = 2,64. Oleh karena yang diperoleh lebih besar dari , yaitu 1,99<5,60>2,64 maka hipotesis nihil () ditolak. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran karikatur berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan. Kata kunci : media karikatur, anekdot