Pengaruh Metode KWL (Know, Want to Know, Learned) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Main Author: | Manalu, Pienti Mala Ningsih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kode: Jurnal Bahasa
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/1633 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/1633/1321 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode KWL (Know-Want to Know,Learned) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 415 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 6 yang masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post Test Only Design yang dilakukan terhadap dua kelas, dimana satu kelas sebagai kemlompok eksperimen yang diberikan metode KWL,dan satu kelas lagi sebagai kontrol yang diberikan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 79,13 dan di kelas control dengan rata-rata = 67,37. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,86 > 2,02, maka hipotesis diterima yang membuktikan bahwa metode KWL (Know, Want to Know, Learned) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci: pengaruh, Metode KWL, teks eksposisi