PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Nurhayati, Nurhayati, Hutagalung, Trisnawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2017
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/10820
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/10820/10004
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadapkemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 343 siswa.Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 4 yang berjumlah 34 siswa. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desainpenelitiannya adalah one group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untukmenjaring data adalah tes esai.Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaituuji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar66,32 dengan standar deviasi 9,21, sedangkan rata-rata post-test sebesar 77,79 dengan standardeviasi 8,59. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung =0,134dan Ltabel=0,1519. Ternyata < (0,134 <0,1519). Hal ini menunjukkanbahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = 0,0806danLtabel =0,1519. Ternyata < (0,0806 <0,1519). Hal ini menunjukkan bahwadata post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasilperhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,14sedangkan Ftabel = 1,80 untuk = 0,05, dk=34 orang. Ternyata, Fhitung<Ftabelyakni 1,14< 1,80. Hal ini membuktikan bahwa sampelberasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakanuji“t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 5,2, sedangkan ttabel = 2,03. Karenathitungyang diperoleh lebih besar dari ttabelyaitu 5,2> 2,03. Hal ini membuktikan bahwa mediagambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek olehsiswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/ 2017.Kata Kunci:GambarBerseri, Menulis, Teks Cerita Pendek.