Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop)

Main Author: Irma, Ade
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KINESIK , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kinesik/article/view/9382
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kinesik/article/view/9382/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi yang dilakukan Beautyhomeshop dalam memasarkan produknya melalui akun sosial media Instagram kepada konsumen yang berada di Kota Palu.Penelitian ini menggunakan media sosial Instagram sebagai media pemasarannya yang menghubungkan Beautyhomeshop dengan pengikut (followers) di Instagram. Dengan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan analisis sumber atau studi komunikator sebagai dasar penelitian. Dengan menggunakan analisis data kualitatif serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hambatan yang ditemui oleh pemilik online shop maupun keempat adminnya selama memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran produk – produknya. Selain pengoperasian Instagram yang mudah, biaya yang dikeluarkan juga sangat minim. Instagram selalu memperbarui segala fitur yang ada agar menjadi lebih menarik dan menguntungkan para penggunanya. Keterkaitan teori new media yang dikemukakan Pierre Levy dengan penelitian ini adalah bahwa peran Instagram sebagai media komunikasi pemasaran bisnis online Beautyhomeshop adalah dengan menggunakan Instagram maka adanya interaksi antara Beautyhomeshop dengan para pelanggannya. Beautyhomeshop melakukan interaksi secara langsung maupun tidak langsung dengan pelanggan.