PERILAKU PENGGUNA MEDIA ONLINE PADA KOMUNITAS PALU SKATEBOARDING DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI

Main Author: Ramadhan, Agung
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: KINESIK , 2016
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kinesik/article/view/7378
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKeberadaan media online telah digunakan sebagai media alternatif oleh Komunitas Palu Skateboarding dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Kebutuhan-kebutuhan secara kelompok maupun individu dipenuhi dengan beragam sajian informasi. Namun pengaksesan informasi yang dilakukan turut membentuk perilaku tertentu dalam menggunakan media online. Adapun penelitian ini bertujuan mengungkap perilaku pengguna media online yang memiliki beragam kebutuhan informasi dan berdasarkan pendekatan teori uses & gratification yang melihat aspek kebutuhan kognitif, afektif, personal integratif, sosial integratif, dan hiburan atau pelepasan emosi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, atau pengungkapan sebuah realita dan memberi gambaran yang sesungguhnya terhadap keadaan subjek atau objek penelitian secara faktual dan cermat. Hasil peneltian ini menunjukan adanya kebutuhan-kebutuhan tertentu yang dipenuhi secara kelompok maupun personal dari komunitas Palu Skateboarding yang dilakukan secara terus-menerus untuk mencapai tujuannya masing-masing, dan saling melengkapi satu sama lain sehingga terbentuknya perilaku dalam memenuhi kebutuhannya. Dimulai dari intensitas peneguhan informasi yang dipenuhi sebagai pemahaman terhadap skateboard, pengalaman estetis menjadi seorang skateboarder yang terampil, integrasi personal yang memotivasi serta penguatan status individu dalam komunitas, integrasi sosial yang menjalin keutuhan sebuah kelompok, dan pelepasan emosi atau hiburan yang merekatkan hubungan sosial antar individu maupun komunitas. Adapun perilaku yang terlihat dari penggunaan media tersebut juga mengarah pada pembelajaran sesama di antara individu maupun secara kelompok bahkan juga bersama komunitas lainnya. Pemanfaatan media pun diarahkan pada pemaknaan situasi dan kondisi Komunitas Palu Skateboarding yang berupaya mensosialisasikan diri dan membentuk identitas kelompoknya di masyarakat secara umum, dengan harapan agar mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak sehingga tetap eksis sebagai komunitas Skateboard di Kota Palu. Kata Kunci: Perilaku, Uses & Gratifications, Media Online, Komunitas Palu Skateboarding.