HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KAKASKASEN KOTA TOMOHON

Main Authors: Mongdong, Winda E E, Kolibu, Febi K, Maramis, Franckie R R
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Sam Ratulangi University , 2021
Online Access: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/35455
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/35455/33181
Daftar Isi:
  • Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Berkembangnya masyarakat kelas menengah maka tuntutan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu juga meningkat. Dimensi mutu layanan kesehatan yang berhubungan dengan kepuasan pasien dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Layanan kesehatan yang bermutu sering dipersepsikan sebagai suatu layanan kesehatan yang dapat memberi apa saja yang kita inginkan atau dapat juga disebut sebagai kepuasan pasien. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kakaskasen kota Tomohon. Populasi adalah keseluruhan pasien rawat jalan yang datang berkunjung di Puskesmas Kakaskasen kota Tomohon. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan denganKepuaasan Pasien (p=0,012) nilai OR 3,474. Saran kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Kakaskasen sebaiknya melakukan survei kepuasan secara berkesinambungan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan dan mutu pelayanan di Puskesmas Kakaskasen.Kata Kunci : Mutu jasa pelayanan, Kepuasaan Pasien, Puskesmas KakaskasenABSTRACT The Puskesmas hasthe authority and responsibility for maintaining public health in its working area. With the development of the middle class society, the demands for better quality health services also increase.Dimensions of health service quality related to patient satisfaction can affect public health and community welfare. Quality health services are often perceived as a health service that can provide whatever we want or it can also be referred to as patient satisfaction. The purpose of this study was to determine therelationship between the quality ofhealth services and patient satisfaction at the Kakaskasen Public Health Center, Tomohon City. The population was all outpatients who came to visit the Kakaskasen Community Health Center in Tomohon City. The sampling technique in this study used purposive sampling and the sample in this study was 100 respondents. The results showed that there was a relationship between the quality of health services and patient satisfaction (p = 0.012) with an OR value of 3.474. Suggestions to health workers at the Kakaskasen Puskesmas should conduct a satisfaction survey on an ongoing basis to evaluate the performance of health services and the quality of services at the Kakaskasen Public HealthCenter.Keywords : Quality of service, Patient Satisfaction, Kakaskasen Public Health Center