PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HOTEL

Main Author: Sanjaya, I Putu Adi Putra
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali , 2014
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/8656
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pembangunan nasional pada dasarnya diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat.Dalam pembangunan nasional perlu pembiayaan pembangunan baik dalam negeri maupun luar negeri.Penerimaan pajak dalam negeri merupakan sumber pendanaan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran dan untuk mengatasi masalah sosial. Pajak hotel Kota Denpasar merupakan pajak yang paling besar penerimaannya dibandingkan pajak-pajak yang lainnya.Untuk pajak hotel di Kota Denpasar diatur dalam Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 5 Tahun 2011.Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik, yang diolah menggunakan program SPSS for windows versi 15.0.Berdasarkan hasil analisis, kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak hotel di Dinas Pendapatan Kota Denpasar dengan nilai thitung masing-masing sebesar 3,043; 3,365 dan 3,755 serta memiliki nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,003;0,001 dan 0,000. Kata Kunci: faktor-faktor kepatuhan wajib pajak