VERBAL AND NON VERBAL SIGNS IN APPLE’S OFFICIAL VIDEO ADVERTISEMENT

Main Author: Primanda S Rahadiarta, I Gede Ngurah
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: HUMANIS , 2014
Subjects:
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8353
Daftar Isi:
  • Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan multinasional Amerika yangmengembangkan, memproduksi, mendistribusikan dan menjual produk - produkelektronik. Untuk menarik minat para konsumennya, Apple memproduksi iklan komersialyang menarik, baik cetak maupun elektronik. Salah satu iklan elektronik yang dibuatadalah iklan audiovisual yang didistribusikan melalui internet. Pada iklan audiovisualyang berjudul “Apple - Introducing MacBook Pro with Retina Display”, terdapat unsurverbal dan nonverbal dimana dalam unsur tersebut terkandung makna dan fungsi. Dariunsur – unsur verbal dan nonverbal yang ditemukan, kemudian dianalisis menggunakanteori meaning and function yang dikemukakan oleh Leech (1974). Jenis – jenis fungsiyang digunakan antara lain, Informational function, expressive function, dan directivefunction. Sedangkan jenis – jenis makna yang digunakan antara lain, conceptualmeaning, affective meaning, dan connotative meaning.