MASALAH PELAYANAN JPK/JAMSOSTEK
Main Authors: | Sutjana, D.P., N., Adiputra |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Udayana University
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.unud.ac.id/index.php/ijbs/article/view/3706 |
Daftar Isi:
- Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) tenaga kerja adalah salah satu programJAMSOSTEK guna memberikan perlindungan kepada tenaga kerja beserta keluarganya agar tetap sehatsehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja dan produktivitas perusahaan. Program JPK adalahusaha gorong royong, dimana yang berpenghasilan lebih besar memnbantu yang berpenghasilan lebihkecil dan yang sehat membantu yang sakit. Untuk mengetahui manfaat dan permasalahan pelaksanaanprogram JPK telah dilakukan wawancara terhadap 100 orang tenaga kerja (60 orang peserta dan 40orang mantan peserta program JPK) dan 5 orang dokter yang memberikan pelayanan. Hasil yangdiperoleh 90 % menyatakan bahwa program JPK sangat baik dan sangat bermanfaat, 10 % menyatakantidak bermanfaat. Dalam pelaksanaan Program JPK tenyata masih dijumpai berbagai masalah yangmenimbulkan kekecewaan peserta seperti: a) Penjelasan program JPK kepada peserta sangat kurang. b)Pengusaha tidak jujur melaporkan upah karyawan. c) Rantai birokrasi rujukan ke RS sangat merepotkan.d) Walau membawa kartu JPK mengambil obat harus bayar dan penggantiannya sering tidak sesuaidengan jumlah di kwitansi. e) Biaya persalinan dan kaca mata terlalu kecil. f) Pengelompokan pesertapada fasilitas pelayanan kesehatan tidak sesuai dengan pilihan peserta. g) Besarnya kapitasi terlalu kecil.h) Dengan pelaksanaan program JPK seperti sekarang pelaksanaan kesehatan kerja di perusahaanmenjadi mundur.