Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2) di Dinas Pendapatan Kota Denpasar Tahun 2015

Main Authors: Putra, Bagus Dwipa Adnyana, Pascarani, Ni Nyoman Dewi, Supriliyani, Ni Wayan
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: CITIZEN CHARTER , 2016
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/citizen/article/view/23417
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Peningkatan wajib pajak dilakukan salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu pelayanan pajak daerah yang baru ditangani Dinas Pendapatan Kota Denpasar adalah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBBP2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif pendekatan kuantitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak jumlah sampel yaitu 100 wajib pajak. Hasil analisis temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepatuhan wajib pajak PBBP2 di Dinas Pendapatan Kota Denpasar dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan pajak secara positif dan signifikan dengan hasil R2 sebesar 78,4%. Hasil perhitungan regresi linier sederhana menunjukan kepatuhan wajib pajak akan menurun 5,677 apabila kualitas pelayanan konstan. Sebaliknya kepatuhan akan meningkat 0,523 bila kualitas pelayanan meningkat 1%. Dari uji signifikansi diperoleh thitung (18,873) lebih besar dari ttabel (1,984). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak, PBBP2