PENGARUH MARKET TO BOOK VALUE DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Main Authors: Reni Utami Dewi, Komang; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Purnawati, Ketut; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Udayana , 2016
Subjects:
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/16238
Daftar Isi:
  • Hedging merupakan suatu strategi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi. Keputusan hedging dipengaruhi oleh market to book value (MTBV) dan likuiditas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh market to book value dan likuiditas terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil sampel 6 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu tahun 2009-2013 dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda (multiple linier regresion analysis). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel MTBV secara signifikan berpengaruh positif terhadap penggunaan instrumen derivatif dan variabel likuiditas secara signifikan berpengaruh negatif terhadap penggunaan instrumen derivatif.