KINERJA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) NAGA BERBASIS BALANCED SCORECARD DI GIANYAR

Main Authors: Suryaningrat Intan Sari, Ida Ayu; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Wiksuana, I Gusti Bagus; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Sri Artini, Luh Gede; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Format: Article Book eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2016
Subjects:
Online Access: http://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/16020
Daftar Isi:
  • Balanced Scorecard merupakan sebuah konsep manajemen yang mengukur kinerja perusahaan melalui empat perspektif. Keempat perspektif ini mewakili tiga stakeholder utama dari perusahaan yaitu para pemegang saham, customers dan para karyawan. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk mengetahui penilaian kinerja PT BPR NAGA berbasis balanced scorecard dari tahun 2011 sampai tahun 2014. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil pada perspektif keuangan, empat rasio keuangan yang digunakan yaitu NPL, LDR, BOPO dan ROA menunjukkan kondisi yang sehat. Perspektif pelanggan walaupun terjadi penurunan tingkat pertumbuhan nasabah tetapi tingkat kepuasan nasabah berada dalam kondisi puas. Perspektif proses bisnis internal berdasarkan rasio realisasi kredit dan service cycle efficiency (SCE) menunjukkan adanya peningkatan dalam penyaluran kredit ke masyarakat. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan baik tingkat employee retention dan tingkat kepuasan karyawan menunjukkan hasil yang puas. Secara keseluruhan penilaian kinerja PT BPR NAGA berbasis balanced scorecard berada dalam kondisi baik dengan nilai indeks komposit yang diperoleh sebesar 3,012.