“3D ANIMATH”: MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI MATEMATIKA UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA
Main Authors: | Mertayasa, I Nengah Eka, Pradnyana, I Ketut Andika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/55072 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/55072/23783 |
Daftar Isi:
- Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dan keterbatasan siswa tunagrahita dalam memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Terlebih lagi di masa pandemic covid-19 guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini perlu adanya pengembangan khususnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan dan mengetahui tingkat kelayakan media serta respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran 3D Animath. Pengembangan media pembelajaran 3D Animath mata pelajaran matematika menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan model MDLC yaitu 1. Concept; 2. Design; 3. Material Collecting; 4. Assembly; 5. Testing; 6. Distribution. Hasil penilaian terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Rata-rata uji respon siswa terhadap media pembelajaran 3D Animath sebesar 92,2%. Media pembelajaran 3D Animath digunakan sebagai panduan guru maupun orang tua dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa di masa pandemic covid-19, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada anak di rumah. Ini dibuktikan dengan hasil respon siswa jika dikonversikan kedalam tabel respon siswa termasuk dalam kategori sangat baik.