Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner Kelas X Di SMK Negeri 2 Singaraja
Main Authors: | Dedy Yusuf Santosa, Wahyuni, Dessy Seri , Suyasa, P Wayan Arta |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2022
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/54194 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/54194/23739 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan megetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja kepada 35 peserta didik dan seorang guru yang mengempu mata pelajaran dasar-dasar kuliner. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji coba lapangan, uji coba respon peserta didik dan guru. Hasil dari perhitungan uji ahli isi, desain dan media pembelajaran masing-masing memperoleh skor sebesar 1,00 yaitu masuk tingkat validitas sangat tinggi. Uji evektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,59 yaitu masuk interpertasi tinggi, sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh sebesar 84,42 dan 44 yaitu masuk kriteria sangat praktis . Maka dari itu penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner menunjukan kriteria kualitas produk yaitu valid, sangat praktis dan efektif.