PENGEMBANGAN MODUL AJAR PEMBUATAN STORYBOARD BERBASIS METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SAWAN
Main Authors: | Dedi Sutrisna, I Nyoman, Eka Damayanthi, Luh Putu, Resika Artana, Ketut, Seri Wahyuni, Dessy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2014
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19779 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19779/11738 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran dengan cara ceramah dan tanyajawab yang dilakukan selama mata pelajaran pembuatanStoryboard tidaklah efektif, terlebih lagi denganminimnya sumber belajar yang dimiliki siswa.Pembuatan modul ajar Storyboard bertujuan untukmembantu dalam melaksanakan kegiatan belajar,sehingga peserta didik dapat belajar mandiri dan gurumudah dalam menyampaikan materi ajar dengan konsepyang jelas, dengan begitu peserta didik bisa lebih mudahdalam menumbuhkan daya imajinasinya. Modul ajarStoryboard dibuat untuk kelas XI Multimedia di sekolahSMK Negeri 1 Sawan.Tahapan pengembangan menggunakan Penelitiandan Pengembangan (Research and Development atauR&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation, Evaluation). Penelitianini melibatkan siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri1 Sawan tahun ajaran 2013/2014.Modul ajar Storyboard ini menggunakan metodepembelajaran Drill and Practice yang bertujuanmengerjakan suatu latihan-latihan secara berulang untukmendapatkan ketrampilan. Dari analisis diperoleh gainscore 0,73 yang menunjukan efektifitas modul dalamkategori tinggi.