AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TATA LETAK BANGUNAN PURA BESAKIH

Main Authors: Dwi Suparyanta, Kadek, Crisnapati, Padma Nyoman, Sunarya, I Made Gede, Windu Antara Kesiman, Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2013
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19765
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19765/11602
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/downloadSuppFile/19765/1287
Daftar Isi:
  • Pura Besakih merupakan PuraTerbesar yang ada di Bali. Keberadaan PuraBesakih yang terletak di lereng Gunung Agung,sangat beresiko terkena bencana danmembahayakan Pura Besakih itu peneliti. Tujuandari penelitian ini adalah untuk memanfaatkanteknologi dengan cara mengembangkan aplikasiyang dapat digunakan sebagai media untukmempelajari sekaligus melestarikan Pura Besakih.Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian dan pengembangan, untukmengembangkan aplikasi Augmented Reality Bookpengenalan tata letak Pura Besakih, denganmenggunakan model waterfall sampai pada tahappengujian sistem. Aplikasi ini menggunakanlibrary vuforia yang mampu menampilkan objek 3dimensi bangunan pura ke dalam sebuahlingkungan nyata dengan menggunakan bantuanbuku dan smartphone android.Hasil akhirnya berupa buku yangberisikan informasi dan gambar terkait PuraBesakih (khusus Pura Penataran Agung) yangdifungsikan sebagai penanda dan juga aplikasiAugmented Reality Book berbasis android yangmampu menampilkan objek bangunan PuraPenataran Agung dalam bentuk 3 dimensi tepat diatas marker lengkap dengan suara narasipenjelasan. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagaimedia untuk memperkenalkan sekaligusmelestarikan budaya bangsa.