Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIIB6 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Lestari, Ketut Budi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2012
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19535
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/19535/11831
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) mengetahui peningkatan hasilbelajar siswa kelas VIIB6 pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Singaraja tahunajaran 2011/2012 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowballthrowing; 2) mengetahui respon siswa kelas VIIB6 pada mata pelajaran TIK di Negeri 4Singaraja tahun ajaran 2011/2012 terhadap penerapan model pembelajaran kooperatiftipe snowball throwing.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dansiklus II yang terdiri dari tiga kali pertemuan yaitu dua kali pertemuan pembelajaran dansatu kali test evaluasi akhir siklus. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VIIB6 SMPNegeri 4 Singaraja tahun ajaran 2011/2012 dengan objek penelitian berupa hasil belajardan respon siswa dalam materi perangkat lunak program aplikasi melalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Hasil belajar siswa diperolehdengan menggabungkan nilai tes akhir pertemuan dan nilai test akhir siklus yaitu satu(1) kali nilai test akhir pertemuan ditambah tiga (3) kali nilai test akhir siklus dibagi 4.Rata-rata skor hasil belajar siswa dihitung dengan membagi jumlah seluruh skor siswadengan jumlah siswa, dan untuk ketuntasan klasikal dihitung dengan membagi jumlahsiswa yang memperoleh skor ≥75 dibagi jumlah siswa dikali 100%. Untuk respon siswapengambilan data menggunakan angket tertutup yang terdiri dari 25 item pernyataan.Rata-rata respon siswa dihitung dengan rumus jumlah seluruh skor respon siswa dibagidengan jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) terjadi peningkatan rata-rata hasilbelajar siswa sebesar 10,56% yaitu rata-rata siswa pada siklus I sebesar 69,84 menjadi80,40 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat sebesar 50%, yaitu siswa yangdinyatakan tuntas pada siklus I sebesar 50% dan meningkat pada siklus II menjadi100%. Jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus I sebanyak 14 orang, dan siswayang dinyatakan tuntas pada siklus II sebanyak 28 orang, (2) respon siswa terhadappenerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaranTIK khususnya dalam materi perangkat lunak program aplikasi adalah positif denganrata-rata sebesar 75,29 dengan kualifikasi setuju.