METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: Wahyuningsih, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN , 2012
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/259
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/259/146
Daftar Isi:
  • Abstract: Role Play Methodic in IPS's Learning About Proclamation Vicinity Scene Grade V Elementary School. This research aimed to describe the steps methodic to play role properly, describe improving the result of IPS's learning, and to find the constraint and the solution role play methodic. This research type is classroom action research which consists of three cycles, each of which involved planning, acting, observing and reflecting. The result of study showed the steps role play methodic consists of three steps are preparation phases, performing, and follow-up that was explained into 14 learning activities which can perfomed by good, so that can increase IPS's studying result, and found the constraint which can conquered with the right solution. Abstrak: Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran IPS Tentang Peristiwa Sekitar Proklamasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode bermain peran, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS, serta menemukan kendala dan solusi penggunaan metode bermain peran. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah metode bermain peran terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut yang terjabar menjadi 14 kegiatan yang terlaksana dengan baik, sehingga meningkatkan hasil belajar IPS, dan terdapat kendala yang dapat diatasi dengan solusi yang tepat. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Pembelajaran IPS