IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | Risdiawati, Yania Risdiawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Yogyakarta State University
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/879 http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/879/698 |
Daftar Isi:
- IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 IMOGIRITAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Yania RisdiawatiNIM. 08403241045ABSTRAKMotivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiritergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masihkurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar akuntansi siswa pun rendah.Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebihvariatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasidan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri serta mengetahuirespon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam duasiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatandan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjekpenelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 32 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalambentuk soal uraian, instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa berupa lembarobservasi, serta instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadappeningkatan motivasi belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapatmeningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat 5 siswa yang belum mencapaiKriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat sejumlah 100% siswa telahmencapai KKM. Pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan motivasibelajar siswa, persentase motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 67% meningkatmenjadi 86,5% pada siklus II dan berada pada rentang skor sangat tinggi. Hasil responsiswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positi dari siswa, halini dibuktikan dari hasil distribusi angket pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatansebesar 13%.Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar, hasil belajarakuntansi.