PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012
Main Author: | Adiningsih, Dyahnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Yogyakarta State University
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/876 http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/876/695 |
Daftar Isi:
- PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DANKEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSISISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012Oleh:Dyahnita Adiningsih08403244025ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentangMetode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. 2)mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswakelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran2011/2012. 3) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru danKemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 89 siswa. Teknikpengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Metodedokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Akuntansi, metode angketdigunakan untuk mengungkap variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Gurudan Kemandirian Belajar. Uji coba instrumen dilaksankan di SMK Kristen PenaburPurworejo dengan N= 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi ProductMoment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisisterdiri dari uji liniearitas dan uji multikoliniearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresisederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentangMetode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan rx1y= 0,639; r2x1y = 0,409; dan thitung sebesar 7,754 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. 2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi BelajarAkuntansi siswa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik PerbaikPurworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan rx2y = 0,645; r2x2y = 0,416; dan thitung sebesar7,874 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikanPersepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar secara bersamasamaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan Ry(1,2) = 0,693; R2y(1,2) =0,480; dan Fhitung sebesar 39.672 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,72. Penelitian inimenunjukkan sumbangan relatif variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Gurusebesar 48,07% dan variabel Kemandirian Belajar sebesar 51,93%. Sumbangan efektifvaribel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 23,07% dan variabelKemandirian Belajar sebesar 24,93%.Kata kunci: persepsi siswa tentang metode mengajar guru, kemandirian belajar, prestasibelajar.