PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | DITA SUKIRNA, PUTRI |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Yogyakarta State University
, 2012
|
Online Access: |
http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/727 |
ctrlnum |
article-727 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>DITA SUKIRNA, PUTRI</creator><description lang="en-US">Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi (mata pelajaran akuntansi untuk perusahaan jasa) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakaan tes. Desain tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: (1) penyajian data dan (2) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut tampak dari indikator sebagai berikut: adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 7,61%, dari nilai ratarata evaluasi siklus 1 sebesar 79,47 menjadi 85,52 pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT).</description><publisher lang="en-US">Yogyakarta State University</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2012-04-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><identifier>http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/727</identifier><source lang="en-US">Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia; Vol 1, No 1 (2012)</source><language>eng</language><recordID>article-727</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Journal:eJournal |
author |
DITA SUKIRNA, PUTRI |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
publisher |
Yogyakarta State University |
publishDate |
2012 |
url |
http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/727 |
contents |
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi (mata pelajaran akuntansi untuk perusahaan jasa) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakaan tes. Desain tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: (1) penyajian data dan (2) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut tampak dari indikator sebagai berikut: adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 7,61%, dari nilai ratarata evaluasi siklus 1 sebesar 79,47 menjadi 85,52 pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT). |
id |
IOS2108.article-727 |
institution |
Universitas Negeri Yogyakarta |
institution_id |
75 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta |
library_id |
569 |
collection |
Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia |
repository_id |
2108 |
subject_area |
Ekonomi Pendidikan |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2108 |
first_indexed |
2016-09-22T18:31:45Z |
last_indexed |
2016-09-26T01:26:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1767083671337041920 |
score |
17.13294 |