PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: DITA SUKIRNA, PUTRI
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Yogyakarta State University , 2012
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/727
ctrlnum article-727
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011</title><creator>DITA SUKIRNA, PUTRI</creator><description lang="en-US">Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi (mata pelajaran akuntansi untuk perusahaan jasa) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakaan tes. Desain tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: (1) penyajian data dan (2) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut tampak dari indikator sebagai berikut: adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 7,61%, dari nilai ratarata evaluasi siklus 1 sebesar 79,47 menjadi 85,52 pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT).</description><publisher lang="en-US">Yogyakarta State University</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2012-04-22</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><identifier>http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/727</identifier><source lang="en-US">Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia; Vol 1, No 1 (2012)</source><language>eng</language><recordID>article-727</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Journal:eJournal
author DITA SUKIRNA, PUTRI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI RPL 2 DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011
publisher Yogyakarta State University
publishDate 2012
url http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/727
contents Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru kelas, peneliti, dan melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi (mata pelajaran akuntansi untuk perusahaan jasa) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakaan tes. Desain tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: (1) penyajian data dan (2) penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI RPL 2 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2010/2011. Hal tersebut tampak dari indikator sebagai berikut: adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 7,61%, dari nilai ratarata evaluasi siklus 1 sebesar 79,47 menjadi 85,52 pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT).
id IOS2108.article-727
institution Universitas Negeri Yogyakarta
institution_id 75
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta
library_id 569
collection Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia
repository_id 2108
subject_area Ekonomi
Pendidikan
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2108
first_indexed 2016-09-22T18:31:45Z
last_indexed 2016-09-26T01:26:48Z
recordtype dc
_version_ 1767083671337041920
score 17.13294