PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Authors: Lenawati, Ade, Siswanto, Siswanto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Yogyakarta State University , 2013
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1186
http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1186/997
ctrlnum article-1186
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012</title><creator>Lenawati, Ade</creator><creator>Siswanto, Siswanto</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 68 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 68 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2012. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, untuk menguji hipotesis pertama dan kedua serta mengetahui besarnya pengaruh antar masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat dan regresi ganda untuk menguji hipotesis ketiga yaitu untuk mengetahui pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,318, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,101, thitung = 2,726 lebih besar dari ttabel = 1,997, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,321, koefisien determinasi (r2x2y) 0,103, thitung = 2,756 lebih besar dari ttabel = 1,997, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,422, koefisien determinasi (R2y(1,2)) 0,178, Fhitung = 7,032 lebih besar dari Ftabel 3,134. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari&#xA0;variabel Motivasi Belajar 49,4%, variabel Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 50,6%. Sumbangan efektif dari variabel Motivasi Belajar 8,8%, variabel Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 9,0%.</description><publisher lang="en-US">Yogyakarta State University</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2013-01-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1186</identifier><source lang="en-US">Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia; Vol 2, No 1 (2013)</source><language>eng</language><relation>http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1186/997</relation><recordID>article-1186</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Lenawati, Ade
Siswanto, Siswanto
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012
publisher Yogyakarta State University
publishDate 2013
url http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1186
http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1186/997
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 3) pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 68 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 68 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2012. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, untuk menguji hipotesis pertama dan kedua serta mengetahui besarnya pengaruh antar masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat dan regresi ganda untuk menguji hipotesis ketiga yaitu untuk mengetahui pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,318, koefisien determinasi (r2x1y) sebesar 0,101, thitung = 2,726 lebih besar dari ttabel = 1,997, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,321, koefisien determinasi (r2x2y) 0,103, thitung = 2,756 lebih besar dari ttabel = 1,997, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,422, koefisien determinasi (R2y(1,2)) 0,178, Fhitung = 7,032 lebih besar dari Ftabel 3,134. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Motivasi Belajar 49,4%, variabel Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 50,6%. Sumbangan efektif dari variabel Motivasi Belajar 8,8%, variabel Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah 9,0%.
id IOS2108.article-1186
institution Universitas Negeri Yogyakarta
institution_id 75
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta
library_id 569
collection Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia
repository_id 2108
subject_area Ekonomi
Pendidikan
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2108
first_indexed 2016-09-22T18:31:44Z
last_indexed 2016-09-26T01:26:46Z
recordtype dc
_version_ 1767083671287758848
score 17.13294