Konstruksi Penggemar Bangtan Boys dalam Komunitas Adorable Representative M.C. for Youth di Surabaya tentang Nasionalisme
Main Authors: | Santi, Riski Darma, Sarmini, Sarmini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
, 2023
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/50469 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/50469/41570 |
Daftar Isi:
- Adorable Representative M.C. for Youth (ARMY) Surabaya is a fan community for the K-Pop BTS group in Surabaya. In contrast to fan communities in general, in this community fans have an understanding of nationalism that is interesting to study. The research is examined by the social construction theory of Peter L. Berger and Thomas Luckmann to analyze the construction of nationalism and the dominant factors that influence it. This study uses a case study design with reference to the ideas put forward by Robert K. Yin. The subjects in this study were three BTS fans. The research location is in the city of Surabaya, precisely in the ARMY Surabaya community. Data collection techniques used were participant observation and in-depth interviews. Data found in the field were then analyzed using Miles and Huberman's model which is associated with social construction theory. The results of the study show that the construction of BTS fans in the ARMY Surabaya community about nationalism occurs in three moments. First, at the moment of internalization, fans get socialization both primary and secondary. Second, at the moment of objectification, fans have shared knowledge about nationalism through a process of habituation and institutionalization. Third, at the moment of externalization of the fans' construction of nationalism it is poured out in three forms, namely as communication that takes place in harmony, appreciation of national identity, and obedience to regulations. Of the three forms of construction, nationalism tends to be understood by fans as a harmonious communication and appreciation of national identity.
- Komunitas Adorable Representative M.C. for Youth (ARMY) Surabaya merupakan salah satu komunitas penggemar grup K-Pop BTS di Surabaya. Berbeda dengan komunitas penggemar pada umumnya, dalam komunitas ini penggemar memiliki pemahaman tentang nasionalisme yang menarik untuk diteliti. Penelitian dicermati dengan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk menganalisis konstruksi nasionalisme dan factor dominan yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan merujuk pada gagasan yang dikemukakan oleh Robert K. Yin. Subjek dalam penelitian ini yaitu penggemar BTS sebanyak tiga orang. Lokasi penelitian berada di Kota Surabaya tepatnya pada komunitas ARMY Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan dan wawancara mendalam. Data yang ditemukan dilapangan kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman yang dikaitkan dengan teori konstruksi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi penggemar BTS dalam komunitas ARMY Surabaya tentang nasionalisme terjadi dalam tiga momen. Pertama pada momen internalisasi, penggemar memperoleh sosialisasi baik secara primer maupun sekunder. Kedua pada momen objektivasi, penggemar memiliki pengetahuan yang dipahami bersama terkait nasionalisme melalui proses pembiasaan dan pelembagaan. Ketiga, pada momen eksternalisasi konstruksi penggemar tentang nasionalisme dicurahkan dalam tiga bentuk yaitu sebagai komunikasi yang berlangsung secara harmonis, apresiasi terhadap identitas nasional, serta taat terhadap peraturan. Dari ketiga bentuk konstruksi tersebut, nasionalisme cenderung dipahami penggemar sebagai komunikasi yang berlangsung secara harmonis dan apresiasi terhadap identitas nasional.