PERAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BANGSAL KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI

Main Authors: Hidayanti, Amida Nur, Listyaningsih, Listyaningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/47006
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/47006/39717
Daftar Isi:
  • Abstract This study aims to describe the role of parents in online learning during the Covid 19 pandemic in Bangsal village  Pesantren district Kediri city. The theory used in this research is the Biddle & Thomas theory . The research approach used in this research is a qualitative approach with a descriptive type of research.  Data collection was done by interview, observation, and documentation. The results of this study explain that the role of parents ia s guide, educator, carer, developer, and supervasior. During the online learning period so far, parents in the Bangsal village Pesantren district  Kediri city always try to provide the best assistance for children in the learning process. Assistance provided by parents as well as preparing the completeness for the online learning process that will be carried out and being willing to accompany children when online learning takes place. Parents want that even though learning is done online, children can follow the learning to the maximum and remain enthusiastic in undergoing education.  Parents play an importantrole in the progress of childrens learning because from thr encouragement of parents, children can regenerate their childrens learning spirit. Parents in the Bangsal village Pesantren subdistrict Kediri city explained the they always accompany their children when learning takes place and prioritize the interests of their children rather than their busy lives. Keywords: content, formatting, article
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran orang tua pada saat pembelajaran daring  pada masa pandemi Covid-19 di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Biddle & Thomas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa peran orang tua yaitu sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang, dan pengawas. Dalam masa pembelajaran daring selama ini, orang tua yang ada di Desa Bangsal Kecamtan Pesantren Kota Kediri selalu berusaha untuk memberikan pendampingan yang terbaik untuk anak dalam proses pembelajarannya. Pendampingan yang diberikan orang tua seperti halnya menyiapkan kelengkapan untuk proses pembelajaran daring yang akan dilakukan dan bersedia mendampingi anak pada saat pembelajaran daring berlangsung. Orang tua menginginkan meskipun pembelajaran dilakukan secara daring anak dapat mengikuti pembelajaran secara maksimal dan tetap semangat dalam menjalani pendidikan. Orang tua sangatlah berperan penting terhadap kemajuan belajar anak karena dari dorongan orang tua anak dapat menumbuhkan kembali semangat belajar anak. Orang tua di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri menjelaskan bahwa selalu mendampingi anak pada saat pembelajaran berlangsung serta mengedepankan kepentingan anak daripada kesibukannya. Kata Kunci: Peran orang tua, pembelajaran daring.