STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMAN 1 NGADIROJO PACITAN

Main Authors: Wijayanti, Maya Desi, Suwanda, I Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/46893
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/46893/39898
Daftar Isi:
  • This study aims to find out the implementation of strategies applied by PPKn SMA Negeri 1 Ngadirojo teachers in improving students' nationalism attitudes through PPKn learning and its obstacles. The type of research used in this study is a type of qualitative research with a descriptive method. Data collection was carried out through observation, in-depth interviews and documentation. The source of the data from this study was obtained from ppkn teachers of SMA Negeri 1 Ngadirojo. The location of the study was conducted at SMA Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan Regency. The results showed that the learning strategies carried out by teachers include the preparation of a Learning Implementation Plan with the determination of indicators, objectives, learning models and teaching media. In addition, it also involves students in activities outside the classroom with several conditions. In the implementation of learning, PPKn teachers apply in accordance with the Learning Implementation Design which has previously been designed based on the results of observations in the classroom. Teachers also practice habituation such as singing the song Indonesia Raya before starting the learning process. The teacher evaluates at the end of each lesson, at the time of midterm and the end of the semester. Evaluation is based on daily scores in the form of pop quizzes, midterm exams and end-of-semester exams, while to measure the success of implementing strategies is to look at changes in student attitudes and responses based on achievement indicators. There are several obstacles in implementing the strategy including, class conditions that are not conducive, limited student activities outside the classroom that can be followed, lack of learning concentration, and lack of student enthusiasm. Keywords: strategy, PPKn teachers, nationalism.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi yang diterapkan oleh guru PPKn SMA Negeri 1 Ngadirojo dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa melalui pembelajaran PPKn beserta hambatannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari guru PPKn SMA Negeri 1 Ngadirojo. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan penentuan indikator, tujuan, model pembelajaran dan media ajar. Selain itu juga dengan melibatkan siswa dalam kegiatan di luar kelas dengan beberapa ketentuan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru PPKn menerapkan sesuai dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang sebelumnya telah dirancang hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan di kelas. Guru juga melakukan praktek pembiasaan seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai proses pembelajaran. Guru melakukan evaluasi pada setiap akhir pembelajaran, pada saat tengah semester dan akhir semester. Evaluasi berdasarkan nilai harian berupa pop quiz, ujian tengah semester dan ujian akhir semester, sedangkan untuk mengukur keberhasilan dari penerapan strategi adalah dengan melihat perubahan sikap dan respon siswa yang didasarkan pada indikator capaian. Terdapat beberapa hambatan dalam penerapan strategi diantaranya adalah, kondisi kelas yang tidak kondusif, keterbatasan kegiatan siswa di luar kelas yang dapat diikuti, kurangnya konsentrasi belajar, dan kurangnya antusias siswa. Kata Kunci: strategi, guru PPKn, nasionalisme.