PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Main Authors: Irwanto, Ahmad Choliq, Jatiningsih, Oksiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2013
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/4189
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/4189/2048
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kedisiplinan siswa, dan membandingkan kedisiplinan siswa yang aktif dan tidak aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran kegiatan pramuka dalam membentuk kedisiplinan siswa; (2) Apakah ada perbedaan kedisiplinan antara siswa aktif dan tidak aktif dalam kegiatan pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan komparatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Sugio Kabupaten Lamongan. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 siswa yang terdiri atas 60 siswa aktif dan 60 siswa yang tidak aktif dalam kegiatan pramuka. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan tes skala sikap, yang terlebih dahulu diuji validitasnya. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan dengan menggunakan Chi Kwadrad. Berdasarkan analisis data yang dilakukan hasilnnya sebagai berikut, (1) bentuk-bentuk kegiatan pramuka yang paling dapat membentuk kedisiplinan siswa yaitu, Peraturan Bars-Berbaris (PBB) dengan skor 287, upacara dengan skor 286, perkemahan dengan skor 283, pembentukan kedisiplinan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga melalui materi (teori dan praktik) dan peraturan, (2) ada perbedaan sikap kedisiplinan antara siswa yang aktif dan tidak aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan α < 0.05.Kata kunci: Ekstrakurikuler Pramuka dan Kedisiplinan Siswa.AbstractThis study aims to describe the role of extracurricular activities in form scouts student discipline, in addition to comparing discipline students who are active and not active in activities scouts. Problems in this study were: (1) What is the role of scouts in building the discipline of students; (2) Is there any difference students of discipline between the active and the not active in activities scouts. This research is quantitative descriptive and comparative. The research in State Junior School 1 Sugio Lamongan Regency. The samples are 120 students of 60 active students and 60 students who are not active in activities scouts. The data are collected by observation, interviews, and attitude scale test first tested for validity. Then, they are analyzed using descriptive statistic and Chi Kwadrad. Based on data analysis result as follows, (1) the forms of extracurricular activities that most scouts can shape the discipline of students, Rule-Linear Bars (PBB) with a score of 287, with a score of 286 ceremonies, camp with a score of 283, the formation of student discipline scouts in extracurricular activities as well as through the material (theory and practice) and regulations, (2) there is a difference between the attitudes discipline students who are active and not active in extracurricular activities scout with α < 0.05.Keywords: Scouts Extracurricular and Discipline of student.