STRATEGI PEMBINA OSIS DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PENGURUS OSIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MOJOKERTO

Main Authors: Septiyaningrum, Iis Nur, Listyaningsih, Listyaningsih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/37435
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/37435/33263
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pembina OSIS dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada Pengurus OSIS di MAN 2 Mojokerto. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pembina OSIS dan Ketua Kesiswaan sebagai informan kunci serta Pengurus OSIS sebagai informan Pendukung. Data penelitian diperoleh melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalu trianggulasi sumber. Teori yang digunakan teori Albert Bandura. Bandura menjelaskan bahwa proses yang mempengaruhi belajar observasional yaitu perhatian (attention), mengingat, perilaku dan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pembina OSIS dalam menumbuhkembangkan karakter tanggung jawab Pengurus OSIS adalah dengan melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan yang dibuat, menjalin komunikasi pada setiap pengurus melakukan pengawasan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Strategi, Pembina OSIS, Tanggung Jawab. Abstract This study aims to determine the strategy erector of OSIS in shaping the character of responsibility on the organizer of OSIS . The method used to obtain data in research is descriptive with a qualitative approach. The subjects of the study were the Vice Principal and Guidance Student Organization as key informants and the Organizer of OSIS as Supporting informants. Research data obtained through observation, interviews and documentation which are then analyzed by collecting data, reducing data, presenting data and drawing conclusions. Check the validity of the data obtained through source triangulation. The theory used by researchers is the theory of Albert Bandura. Bandura explained that the processes that influence observational learning are Attention, Remembering, Behavior and Motivation. The results showed that the strategy Erector of OSIS in developing the character of the responsibility Organizer of OSIS was to oversee all activities carried out, establish communication in each board and oversee the learning process in the classroom. Keywords: Strategy, Erector of OSIS, Responbility.