STRATEGI MADRASAH TSANAWIYAH MAMBA’UL-ULUM AWANG-AWANG MOJOSARI DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP SISWA

Main Author: 0009075708, Ubaidilah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2013
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2655
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2655/1584
Daftar Isi:
  • AbstrakKecakapan hidup merupakan kemampuan seseorang untuk dapat berdaptasi, bertahan hidup, dan berperilaku positif secara fisik maupun verbal dengan baik sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari dalam mengembangkan kecakapan hidup siswa.Penelitian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Waktu penelitian dimulai pada bulan Maret-April 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi, karena yang akan diteliti adalah 36 guru MTs Mamba’ul-Ulum Awang-Awang Mojosari. dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan prosentase.Hasil penelitian bahwa strategi Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari dalam mengembangkan kecakapan hidup siswa yaitu strategi dalam mengembangkan kecakapan hidup siswa melalui pembiasaan baik pembiasaan akhlak, fiqih praktikum, dan hafalan doa sehari-hari dan didukung dengan rancangan kurikulum yang mengarah pada kecakapan hidup, terutama kecakapan personal dan sosial. Strategi yang kedua adalah pembelajaran kontekstual yang meliputi komponen kontruktivistik, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, dan refleksi. Strategi pengembangan diri yang meliputi ekstrakurikuler dan OSIS dan hal ini didukung dengan banyaknya kegiatan pada ekstrakurikuler dan program kerja OSIS yang melibatkan siswa itu sendiri. Ketiga strategi yang dilakukan oleh MTs Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari dalam kategori baik.Kata Kunci: Kecakapan Hidup, Madrasah Tsanawiyah.AbstractLife skills a person’s ability to be able to adapt, survive, and behave physically and verbally properly so that it can be accepted by society. The study aimed to describe the MTs Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari strategy to develop life skills.This study is located in MTs Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari. this study uses a quantitative approach with descriptive methods. The time of the study started in march and april 2013. This study is a population study because which will be researched is 36 teachers in MTs Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari with data collection techniques such as questionnaires and interviews. Data analysis technique that used is descriptif quantitative analysis using percentage.The result of research strategy of MTs Mamba’ul-Ulum Awang-awang Mojosari to develop life skills through habitual action that is included supported by the design of the curriculum that leads to life skills especially personal skill and social skill. Second strategy that Contextual learning strategies include components of construktivist, inquiry, questioning, learning community, modelling, and reflection. Last Strategy of self-development include extracuricular activities and student council. This is supported by the many activities that involve students themselves.