PERAN IBU RUMAH TANGGA LOWER CLASS DALAM MEMBANGUN KECERDASAN MORAL ANAK MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA Di Kelurahan Pucanglaban Tulungagung

Main Authors: Tirta, Ayu Tias, Jatiningsih, Oksiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2013
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2652
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2652/1581
Daftar Isi:
  • Abstrak Ibu memiliki peran penting dalam pendidikan keluarga terutama dalam membangun kecerdasan moral anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ibu rumah tangga lower class di Kelurahan Pucanglaban dalam membangun kecerdasan moral anak melalui pendidikan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakaan kuesioner, wawancara dan observasi. Penelitian sensus dengan sampel 48 ibu rumah tangga yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan di Desa Pucanglaban. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang paling sering diterapkan oleh ibu adalah strategi pembiasaan. Pembiasaan yang dilakukan oleh dengan memberikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari hari. Sedangkan Ibu kurang berperan dalam menerapkan strategi hukuman karena cenderung berbentuk kekerasan fisik dan kurang membangun. Indikator kecerdasan moral yang paling baik dikembangkan adalah indikator keadilan yang ditunjukkan sebagai bentuk pelaksanaan hak dan kewajiban yang penting untuk dipenuhi, sehingga anak pada keluarga lower class cenderung lebih aktif menuntut haknya daripada melaksanakan kewajibannya. Indikator yang kurang dikembangkan adalah kebaikan hati,yaitu kurangnya kepedulian terhadap binatang dan lingkungan sekitar. Saran yang diberikan adalah Meningkatkan kemampuan ibu agar dapat menerapkan strategi pendidikan lebih baik, melalui forum-forum diskusi dan memanfaatkan organisasi PKK di desa untuk memberikan sosialisasi tentang pendidikan anak. Kata kunci : Kecerdasan Moral, Ibu Rumah Tangga Lower class Abstract Mothers have an important role in family education, especially for building moral intelligence of children. This study aims to describe the role of the lower class housewives in the Pucanglaban for building moral intelligence of their children through a family education. This research is quantitative descriptive. Data was collected through questionnaires, interviews and observation. Researh conducted with a sample of 48 housewives who enrolled in the Family Hope Program in Rural Pucanglaban. Results showed the most common strategies applied by the mother is habituation strategy. Habituation by giving examples of behavior in their daily lives. While the mother is not totally involved in conducting punishment strategy, because punishment tends to create physical violence and is not really helpful The best moral intelligence indicator to implement is justice indicator which is showed as implementation of right and obligation which are important, so they tend to be more active in demanding their rights than to perform their obligations. Indicators that are less developed is kindness, ie the lack of concern for animals and the environment. Advice given is Improving mother’s ability so that she can implement better education strategies through forum discussions and utilize Development Of Family Welfare (PKK) to socialize children education.Keywords: Moral Intelligence, Lower class Housewife