STRATEGI GURU PPKn SMA NEGERI 1 KRIAN DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK UNTUK MEREDUKSI PENGARUH BUDAYA KOREA
Main Authors: | TRI WULANJARI, RIKA, MADE SUWANDA, I |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/25744 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/25744/23604 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi guru PPKn SMA Negeri 1 Krian dalam membangun kemampuan peserta didik untuk mereduksi pengaruh budaya Korea. (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru PPKn SMA Negeri 1 Krian dalam membangun kemampuan peserta didik untuk mereduksi pengaruh budaya Korea. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar sosial Albert Bandura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif . Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang yaitu Ibu Jumiati dan Bapak Dzainudin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru PPKn SMA Negeri 1 Krian dalam membangun kemampuan peserta didik untuk mereduksi pengaruh budaya Korea yaitu dengan cara (1)menanamkan sikap Nasionalisme dan Patriotisme antara lain (a) menyanyikan lagu wajib nasional sebelum memulai pembelajaran. (b) wajib menggunakan baju adat dan baju batik setiap hari kamis diminggu pertama. (c) melestarikan tarian daerah. (d) menggunakan bahasa nasional bahasa Indonesia dengan benar. Serta melalui (2) kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn SMA Negeri 1 Krian yaitu perencanaan yang dibuat dalam RPP dan juga pelaksanaan selama proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Kendala yang dihadapi oleh guru PPKn SMA Negeri 1 Krian yaitu terletak pada perkembangan teknologi yang diakses oleh peserta didik, karena guru tidak dapat mengontrol peserta didik setiap saat. Apabila peserta didik menngunakan teknologi yang salah maka mereka akan dengan mudah terpengaruh budaya Korea. Kata Kunci : Strategi, Reduksi, Pengaruh Budaya Korea. Abstract The purpose of this research to (1) describe the strategy PPKn teacher of Senior High School 1 Krian in developing the ability of learners to reduce the influence of the culture of Korea. (2) describe the obstacles faced in building the ability of learners to reduce the influence of the culture of Korea. The theory used in this research is Albert Banduras social learning theory. This research uses descriptive with the type descriptive research. The informants in this study amounted to two people, name Mrs Jumiati and Mr. Dzainudin. The results of this research show that the strategies carried out by PPKn teacher of Senior High School 1 Krian in developing the ability of students to reduce the influence of the culture of Korea by (1) instill attitudes of nationalism and patriotism among others (a) sing the national anthem before starting the study. (b) must wear the customs shirt and batik shirt every Thursday in the first week. (c) preserving the traditional dance. (d) using the national language “ Bahasa Indonesia ” correctly. As well as through learning activities (2) teacher PPKn i.e. planning which made in the RPP and also the implementation during the learning process inside and outside of the classroom. Obstacles faced by teachers such as on the development technologies that are accessible to students, because teachers cant control the students at any time. When students used the wrong technology then they will be easily affected the culture of Korea. Keywords: Strategy, The Reduction , The Influence Of The Culture Of Korea.