UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK SIKAP DEMOKRATIS PADA ANAKBERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PUTRA IDHATA DESA GLONGGONG KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN

Main Author: PRATIWI, EVIKA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2016
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/17091
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/17091/15539
Daftar Isi:
  • Abstrak  Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk sikap demokratis pada anakberkebutuhan khusus di SLB Putra Idhata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untukteknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk sikapdemokratis: (1) kebebasan berpendapat melalui kegiatan pembelajaran yaitu memberikan umpanpertanyaan, memberikan kesempatan dan tanggap kepada siswa yang akan bertanya, sering menunjuksiswa untuk menyatakan pendapatnya; (2) kebebasan berpartisipasi, upaya yang dilakukan guru  melalui :a) kegiatan pembelajaran yaitu guru membentuk kelompok untuk berdiskusi dan memberikan motivasisiswa agar berperan aktif dalam pembelajaran serta menerima dengan baik pendapat siswa; b) diluarpembelajaran yaitu guru memberikan pengertian dan menyuruh siswa secara langsung untuk mengikutipembentukan piket sekolah, guru menegur siswa apabila tidak mengindahkan arahan guru, memberikan semangat kepada siswa yang telah  berpartisipasi pada pembentukan piket sekolah berupa nilai tambahan.  Kata Kunci: guru, sikap demokratis, anak berkebutuhan khusus  AbstractThe purpose of this study is to describe the efforts of teachers in building democratic attitude in children with special needs in SLB Putra Idhata. This study used a qualitatife approach. Data collection techniquesused were observation, interviews and documentation. As for the data analysis techniques using datacollection, data presentation, data reduction and verification / conclusion. The results showed that theefforts of teachers in shaping the democratic attitude: (1) freedom of expression through learningactivities that provide feedback questions, provide opportunities and responsive to students who will ask,often refer students to express their opinions; (2) freedom of participation, the efforts of teachers through: a) learning activities that teachers form groups to discuss and motivate students to take an active role inlearning and receptive to student opinion; b) excluding learning that teachers provide understanding andasking the students to directly follow the formation picket school, the teacher reprimanded the students ifthey are not heeding the direction of the teacher, to encourage students who have participated in theformation of a picket squads of the school in the form of value added.Keywords: teacher, attitude democratic, heward