ETIKA PEMASARAN POLITIK DALAM STRATEGI PEMENANGAN SAIFUL ILLAH DAN NUR AHMAD SYAIFUDIN PADA PILKADA SERENTAK TAHUN 2015

Main Authors: PURNAMASARI, SRI, Adi, Agus Satmoko
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNESA , 1970
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/15129
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui etika pemasaran politik dalam strategi pemenangan Saiful Illah dan Nur Ahmad Syaifudin pada Pilkada serentak tahun 2015. Etika pemasaran politik adalah pertimbangan baik atau buruk yang digunakan oleh para kandidat atau partai politik dalam melaksanakan pemasaran politik. Etika pemasaran politik meliputi 4p yaitu : product, promotion, price  and place. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan penelitian berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, untuk teknik keabsahan data menggunakan member check, triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan etika pemasaran politik dalam strategi pemenangan Saiful Illah dan Nur Ahmad Syaifudin, yaitu : 1) Etika pemasaran product, membangun visi misi serta program dengan memanfaatkan  program  yang telah ditetapkan oleh pemerintah, misalnya pendidikan gratis 12 tahun, pengobatan gratis, dan sebagainya. 2) Etika dalam promotion, Selama aturan kampanye belum ditetapkan maka tidak ada istilah pelanggaran aturan kampanye. Pemasangan alat peraga kampanye pada tempat pemberangkatan haji dan kampanye di lingkungan pendidikan, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, tidak ada unsur kampanye. 3) Etika yang berkaitan dengan  price, setiap bertatap muka dengan masyarakat tidak memberikan uang atau materi dalam bentuk apapun sebagai alat untuk mempengaruhi pemilih. 4) Etika dalam berkomunikasi dengan pemilih (place) yaitu menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Kata kunci : Etika, Pemasaran Politik Abstract The purpose of this study is to determine the ethics of  political marketing in winning strategy  of Saiful Illah and Nur Ahmad Syaifudin on the election simultaneously in 2015. The political marketing ethics is a good or bad judgement used by the candidates or political parties  in carriting out of political marketing. The political marketing ethics includes 4P, namely : product , promotion , price and place . This study used descriptive qualitative approach. The ammount of this information research is three people. Data collection techniques use interview and documentation . Then, for the validity of data techniques  are using member check , triangulation technique and resources. The study shows about political marketing ethics in winning strategy Saiful Illah and Nur Ahmad Syaifudin , : 1)  product marketing ethics builds vision, mission and the program by using the goverment  programs,  such as eg 12-year free education and medical treatment and the others.  2) Ethics in promotion, as long as the rules of the campaign has not been set, so that there is no therm of campaign in educational environment as the appreation and support, and there is no element of campaign. 3) Ethics related to the price, in seeing the public not to give the money or material in any form as a means to influence the voters. 4) Ethics in communicating with the voters (plece) by using  a polite language. Keywords :Ethics, political marketing