STRATEGI GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO
Main Authors: | Fitriatussa’diyah, Nurlaili, Harmanto, Harmanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
, 2016
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/14429 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/14429/4936 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Prakarya dan Kewirausahaan dalammembentuk karakter kreatif peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode pengumpulandata menggunakan observasi non-partisipant, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa strategi guru Prakarya dan Kewirausahaan dalam membentukkarakter kreatif melalui pribadi yaitu ekspresi dari keunikan individu contoh dari pribadi guruPrakarya dan Kewirausahaan dapat berperilaku mengembangkan suatu karya dengan memberikan,berjualan lewat media social, melalui pendorong dengan motivasi, media dan metode pembelajaranyang menarik, melalui proses dengan merangsang peserta didik untuk melibatkan dirinya dalamkegiatan kreatif, dengan membantu mengusahakan sarana prasarana yang diperlukan, melaluiproduk merupakan dorongan dari faktor internal dan eksternal secara kreatif, maka produk-produkkreatif akan bermakna.Kata Kunci: Strategi Guru Prakarya dan Kewirausahaan, Karakter, Kreatif, Peserta DidikAbstractThis study aimed to describe and Entrepreneurship Strategy Master craft creative in shaping thecharacter of the students at SMAN 2 in Mojokerto. Methods of data collection using non-partisipantobservation, semi-structured interviews and documentation. Data analysis technique used is datareduction, data presentation and conclusion. The results showed that the strategy of teachers craftand Entrepreneurship in shaping the character creatively through personal that is the expression ofthe uniqueness of individual examples of teachers' personal craft and Entrepreneurship can behavedevelop a work by providing, selling through social media, through the driving motivation, mediaand learning methods Interestingly, through the process by stimulating learners to engagethemselves in creative activities, to help commercialize the necessary infrastructure, through theproduct a boost of internal and external factors creatively, then the creative products will bemeaningful.Keywords: craft Guru Strategy and Entrepreneurship, Character, Creative, Student