PERAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PADA IBU DI KELURAHAN KETINTANG, KECAMATAN GAYUNGAN, KOTA SURABAYA
Main Authors: | Wijanarko, Awang Wahyu, Jatiningsih, Oksiana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
, 2015
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/11895 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/11895/4548 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pendidikan anti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada ibu di Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil dokumentasi digunakan untuk mendapatkan gambaran keadaan PKK dan jumlah KDRT yang terjadi di Kelurahan Ketintang. Angket digunakan untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala sosialisasi anti KDRT. Wawancara digunakan untuk memperjelas dan memperkuat hasil angket terkait pelaksanaan dan kendala sosialisasi anti KDRT. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Hasil dari penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan anti KDRT melalui sosialisasi oleh PKK menunjukkan penilaian baik yang dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata 100. Sedangkan dalam pelaksanaan pendidikan anti KDRT mengalami kendala berarti yang dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata 112.Kata kunci : peran PKK, sosialisasi, ibuAbstract This study intend to describe the role of Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) in the anti domestic violence education (KDRT) in the mother in the Ketintang village, district Gayungan, Surabaya city. This study used quantitative descriptive approach. Data collection techniques used in the form of documentation, questionnaires, and interviews. Results of the documentation used to get a picture of the PKK and the number of domestic violence occurring in Ketintang village. The questionnaire used to determine the implementation of the anti-domestic violence and socialization problems. Interviews are used to clarify and strengthen the results of the questionnaire related to the implementation and dissemination constraints anti domestic violence. The sample used in this study amounted to 44 respondents. The results of quantitative research shows that the implementation of the anti-domestic violence through awareness education by PKK showed good judgment as evidenced by the acquisition of an average score of 100. Meanwhile, in the implementation of anti-domestic violence education experienced significant obstacles as evidenced by the acquisition of an average score of 112. Keywords: the role of the PKK, socialization, mother