STRATEGI GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HAK ASASI MANUSIA SISWA DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

Main Authors: ANSHORI, MUCHLAS, Listyaningsih, Listyaningsih
Format: Article eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNESA , 1970
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/11847
Daftar Isi:
  • Abstrak Dalam hal ini guru PPKn mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesadaran HAM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran HAM di SMK Negeri 12 Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar observasional dari Alberd Bandura. Jenis penelitan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMKN 12 Surabaya. Lokasi penelitian berada di SMK Negeri 12 Surabaya. Pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PPKn dalam meningkatkan kesadaran Hak Asasi Manusia siswa di SMK Negeri 12 Surabaya dilakukan melalui (a) kegiatan pembelajaran yaitu memberikan pemahaman tentang pentingnya HAM dan penerapan HAM dalam kehidupan sehari-hari di dalam kelas, selalu memotivasi siswa agar selalu dapat menghormati hak-hak yang di miliki orang lain serta memberikan contoh yang baik terhadap siswa, (b) hukuman yaitu dengan menegur siswa/menasihatinya, pelaporan dalam rapor siswa dan bekerja sama dengan guru bimbingan konseling, (c) nasihat yaitu dengan melakukan bimbingan dengan siswa secara pribadi, memberikan nasihat kepada siswa dan selalu menanamkan nilai-nilai yang baik utamanya pentingnya menghormati hak asasi yang di miliki orang lain. Kata Kunci: Strategi Guru PPKn, Kesadaran, HAM Abstract The purpose of this study is to describe the strategy PPKn teachers in raising awareness of human rights in SMKN 12 Surabaya. The theory used in this research is observational learning theory of Bandura Alberd. Type of research is used qualitative descriptive method. Informants in this study is a civiceducation teacher at SMK 12 PPKn Surabaya. The research location is in SMK Negeri 12 Surabaya. The collection of data through observation or observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion. The results show that the civics teachers’ strategy in raising awareness of human rights of students at SMKN 12 Surabaya are : a) through learning is provide an understanding of the importance of human rights and the application of human rights in everyday life in the classroom, always motivate students to always be able to respect the rights in any other person and give good example to the students, (b ) punishment is a admonishing students / advising, reporting in rapot students and work together with teachers counseling (c) advising is give counseling with students in private, giving advice to students and always instilled good values of primary the importance of respecting human rights in any other person. Keywords: Civics Education Teachers Strategy, Awareness, Human Rights