STRATEGI PEMENANGAN JOKOWI-JK PADA PEMILU PRESIDEN 2014 (STUDI PADA TIM PEMENANGAN KOALISI INDONESIA HEBAT JAWA TIMUR)

Main Authors: Setiyowati, Rini, Adi, Agus Satmoko
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) , 2015
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/10816
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/10816/4294
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang digunakan oleh tim pemenangan Jokowi-JK Jawa Timur, dalam memenangkan Jokowi-JK dalam pilpres 2014. Strategi pemenangan merupakan serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh tim pemenangan untuk diimplementasikan menggunakan marketing politik. Marketing politik terbagi menjadi 5 tahapan yaitu: produk, promosi, harga, tempat, dan segmentation dan positioning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. strategi pemenangan pasangan Jokowi-JK di Jawa Timur dengan merubah pola kampanye konvensional dengan pola kampanye secara langsung. Jokowi-JK sebagai produk politik memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam kegiatan promosi Jokowi-JK dan juru kampanye terjun langsung untuk bertemu dengan pemilih, adanya kampanye hitam yang menyerang Jokowi dihadapi dengan memberikan fakta yang sebenarnya. Untuk pembiayaan kampanye tim pemenangan membuka rekening gotong royong, sebagi kultur baru dalam demokrasi di Indonesia. Semua segmen pemilih menjadi prioritas, dalam mendekati setiap segmen menggunakan isu politik yang berbeda agar Jokowi-JK bisa diterima disemua segmen pemilih. Mengubah pola kampanye menjadi kunci strategi pemenangan Jokowi-JK di Jawa Timur. Kata Kunci : strategi, pemenangan, dan pemilu Abstrac The purpose of this research was to determine the strategy used by the winning team Jokowi-JK East Java, winning the Jokowi-JK in the presidential election of 2014. The strategy of winning a series of fundamental decisions and actions created by winning team to be implemented use the political marketing. Political marketing divided be 5 stages: product, promotion, price, place, and segmentation and positioning. This research use the descriptive qualitative approach. Location of data collection techniques used were interviews and documentation. Winning strategy Jokowi-JK in East Java by changing patterns conventional campaign to campaign patterns directly. Jokowi-JK as a political product of high commercial value. Promotional activities Jokowi-JK and campaigners directly involved to meet the voters, black campaign attacking Jokowi faced with providing actual facts. For campaign financing winning team opened accounts mutual cooperation, as a new culture of democracy in Indonesia. All segments of the electorate is a priority, in approaching each segment use the different political issues that Jokowi-JK acceptable in all segments of the electorate. Changing patterns be a key campaign-JK Jokowi winning strategy in East Java. Key word: strategy, winning, and election