UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI MELALUI MEDIA PERGELARAN WAYANG PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 GATAK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Main Author: | Absari, Manib |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
, 2017
|
Online Access: |
http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4479 http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4479/2891 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan kemampuanmenulis cerita dengan metode sugesti imajinasi melaui media pergelaranwayang pada siswa kelas IX G SMP N 2 Gatak tahun pelajaran 20014-2015, serta untuk meningkatkan kecintaan siswa tehadap keterampilanmenulis cerita dengan metode sugesti imajinasi melalui pergelaran wayangpada siswa SMP N 2 Gatak. Penelitian ini menggunakan desain PenulisanTindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklusI dan siklus II. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi.Hasi penelitian ini diperoleh bahwapembelajaran menulis cerita dengan metode sugesti imajinasi melalui mediapergelaran wayang mampu meningkatkan keterampilan menulis cerita padasiswa kelas IX G SMP N 2 Gatak. Hasil tes yang ditulis pada prasiklusmencapai rata-rata 60% dan prosentasi ketuntasan (≥70) kelas 40%. Hasiltes pada siklus I, rata-rata meningkat 76 dan prosentasi ketuntasan 85%,atau meningkat 60%. Pada siklus II, diperoleh hasil yang jauh lebih baik.Nilai rata-rata kelas yang diperoleh mencapai 81, ketuntasan kelas mencapai100%. Hasil nontes pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa sebagian besarsiswa senang dan tertarik pada media pergelaran wayang tersebut. Manfaatyang diperoleh guru diharapkan semakin meningkatkan semangat mengajar.Guru semakin mempersiapkan diri dalam proses pembelajaran, kualitas ilmupengetahuan guru semakin meningkat, guru semakin gemar meneliti, gurusemakin berani untuk mengambil resiko strategi maupun pembelajaran yangdirasa tepat (cukup baik) untuk menyelesaikan masalah yang muncul sehariharidi kelas. Manfaat bagi sekolah diharapkan dapat masukan tentang carapenelitian tindakan kelas, bila situasi PTK dapat berkembang, maka akanmuncul budaya meneliti dilingkungan sekolah, serta meningkatkan prestasisekolah. Menulis adalah merupakan salah satu aspek dari empat aspekberbahasa yaitu membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis. Kegiatanmenulis merupakan bagian dalam pembelajaran dibangku sekolah. Menulismembutuhkan pengalaman, waktu, kesempatan dan latihan keterampilanmenulis.Kata kunci : menulis cerita, metode sugesti imajinasi, media wayang