PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MEMBACA MENULIS PERMULAAN DENGAN PENDEKATAN ATRAKTIF DI SEKOLAH DASAR KAWASAN MISKIN KOTA SURAKARTA

Main Author: Andayani, Andayani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surakarta , 2010
Online Access: http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4365
http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4365/2790
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menyusun produk awal berbentuk bahan ajar membacamenulis permulaan dengan pendekatan atraktif yang tepat untuk diterapkan diSD kawasan miskin Kota Surakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakanmetode research and development (R&D) dan mendapatkan hasil bahwa pada tahapeksplorasi ditemukan kebutuhan bahan ajar yang menarik untuk diterapkan diSD-SD kawasan miskin Kota Surakarta, sehingga dikembangkan bahan ajar denganpendekatan atraktif. Proses pengembangan dilaksanakan melalui observasi,wawancara, dan lokakarya. Berdasarkan hasil uji keefektifan ditemukan bahwabahan ajar dengan pendekatan atraktif dapat digunakan untuk meningkatkankompetensi membaca menulis permulaan secara efektif dan berterima.Kata Kunci: membaca-menulis permulaan, atraktif, kawasan miskin