EFEKTIVITAS MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF
Main Author: | Asri, Yasnur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
, 2011
|
Online Access: |
http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4320 http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4320/2749 |
Daftar Isi:
- Dalam tahun-tahun belakangan ini, banyak pendapat dalam berbagai forummenyatakan bahwa kompetensi menulis siswa-siswa kita mengalami penurunan.Mereka tidak mampu menerapkan proses pembelajaran dalam komunikasi tertulis.Secara umum, kemampuan ini diakibatkan oleh warisan sejarah nasional yangterkait dengan konsep pendidikan kolonialisme, tradisi komunikasi lisan,kebigungan dalam mengungkapkan ide atau gagasan, ketidakmampuan guru dalammengajar, panduan mata pelajaran dasar, dan model-model yang digunakan paraguru dalam menyampaikan pelajaran. Fenomena yang selalu menjadi pembahasanutama dalam proses pembelajaran menulis perlu diatasi sehingga kondisi yangtidak diinginkan dapat dipecahkan. Begitu pula, perlu menemukan penyebabnyasehingga dapat dilakukan diagnosis sebagai proses terapi. Riset ini merupakansalah satu upaya untuk memecahan permasalahan-permasalahan di atas.Kata Kunci: kompetensi menulis, komunikasi tertulis, proces terapi