Meningkatkan Kemampuan Guru yang Telah Disertifikasi dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan pada Sekolah Binaan di Sambas

Main Author: Chui Mi, Lili Ng
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tanjungpura , 2012
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/368
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/368/371
Daftar Isi:
  • Pada kenyataan di sekolah, masih banyak ditemukan guru yang telah disertifikasi belum bisa membuat RPP sesuai dengan ketentuan. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan motivasi dan kemampuan guru yang telah disertifikasi dalam menyusun RPP sesuai standar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif, menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan dari siklus pertama sampai siklus ke ketiga, yang meliputi kegiatan-kegiatan; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Kata kunci: Kemampuan guru, RPP, Bimbingan berkelanjutan.