Meningkatkan Keterampilan Bertanya Guru IPS Melalui Supervisi Kunjungan Kelas Pada Sekolah Binaan di Kabupaten Kubu Raya

Main Author: Mi, Lili Ng Chui
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tanjungpura , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/17189
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/17189/14675
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari latar belakang masih ditemukan rendahnya keterampilan bertanya guru dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat diketahui pada saat peneliti mengadakan supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan bertanya guru dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan dari siklus ke siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian terdiri dari tahap : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi kunjungan kelas  dapat meningkatkan keterampilan bertanya guru dalam kegiatan proses pembelajaran, Pada siklus pertama rata-rata nilai perolehan 33,33%, sedangkan siklus kedua rata-rata 72,21% terjadi peningkatan dari siklus satu ke siklus dua sebesar 38,88% Kata kunci:  Keterampilan Bertanya, Guru, dan Supervisi Kunjungan Kelas Â